Brownies di Jakarta

Siapa yang tak kenal brownies?

Kue berwarna cokelat ini sungguh menggugah selera.  Teksturnya padat dan terkesan bantat, namun rasanya sangat lezat.

Nama brownies diambil dari warnanya yang cokelat (brown). Bahan utamanya juga menggunakan cokelat seperti cokelat bubuk, cokelat pasta, atau dark cokelat. Awal terciptanya kue ini sangat unik. Ketika itu, di Amerika ada seorang koki yang sedang membuat cake cokelat. Ternyata ia lupa memasukkan baking powder. Cake itupun bantat dan tidak mengembang. Cake cokelat buatannya gagal. Namun kegagalannya itu justru menciptakan kue baru yang menjadi terkenal hingga saat ini.

Brownies JakartaBrownies merupakan kue khas Amerika. Kue ini pertama kali dikenal tahun 1897. Resep brownies pertama kali dipublikasikan dalam Sears, Roebuck Catalogue, di tahun yang sama, dan resepnya pertama kali dibukukan tahun 1906 di The Boston Cooking School Cook Book karya Fannie Merritt Farmer.

Semakin lama, perkembangan brownies semakin pesat. Saat ini brownies tampil lebih cantik dengan aneka hiasan dan kreasi.

Meskipun ciri khas brownies tak berubah, kini kue tersebut semakin kaya rasa karena diberi topping yang bervariasi. Misalnya diberi taburan kacang, chocolate chip, marshmallow, atau dioles chocolate ganache dan krim keju.

Brownies di Jakarta

Awalnya di Indonesia brownies diolah dengan cara dipanggang seperti resep asli dari asalnya. Namun sekarang brownies bisa diolah dengan cara dikukus. Tekstur brownies yang dikukus bisa lebih lembut. Selain itu, meskipun namanya tetap brownies, warnanya juga bisa divariasikan menjadi hijau atau kuning keemasan.

Ciri khas brownies yang menggunakan resep asli adalah paduan dari kue lembut yang bagian atasnya renyah seperti cookies.

Resep Membuat Brownies

Meskipun terkenal sebagai kue gagal, membuat brownies tak semudah yang dibayangkan. Ada tiga hal utama yang harus diperhatikan agar brownies buatanmu lezat dan indah dipandang mata.

1. Mencairkan Cokelat

Dalam membuat brownies, cokelat batangan dan mentega yang digunakan harus dicairkan terlebih dahulu. Caranya, siapkan dua buah panci yang berbeda ukuran, besar dan kecil. Masukkan air ke dalam panci yang besar, lalu didihkan.

Potong cokelat batangan menjadi kecil-kecil, masukkan ke dalam panci yang kecil bersama mentega. Masukkan panci kecil itu ke dalam panci besar yang berisi air mendidih. Aduk cokelat dan mentega hingga mencair.

2. Mengocok Gula dan Telur

Campur semua bahan basah dan kering, lalu kocok hingga menyatu. Kemudian masukkan telur. Ketika telur sudah dimasukkan, jangan mengocok terlalu lama. Kalau kamu mengocok terlalu lama, lapisan bagian atas brownies menjadi keras, atau bisa terbentuk lapisan kering di permukaan brownies.

3. Memasukkan Tepung

Terakhir, masukkan tepung sedikit-sedikit. Sebaiknya tepung sambil diayak. Tujuannya agar tidak terjadi penggumpalan pada adonan.

Bagaimana? Kamu sudah mulai belajar membuat brownies? Kalau kamu belum sempat membuatnya tetapi sudah tak sabar ingin menyantap kue hitam manis nan cantik ini, ada cara lain, kok.

Yup, pesan saja di online cake shop.

Related Jakarta Cupcakes Search: resep membuat cake brownies dengan toping coklat batang, jual brownies dijakarta, toko brownies online jakarta, toko brownies di jakarta selatan, brownis jakarta, toko amanda brownies di jakarta, brownies dijakarta, outlet cupcake di jakarta, membuat brownies apakah mentega harus dicairkan, brownies jakarta selatan,